Selamat Datang Di Blog Pustaka Mallawa
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Pustaka Mallawa,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

PERBEDAAN OUTPUT DAN OUTCOME

Lembaga pendidikan atau sekolah menghasilkan keluaran pendidikan. Keluaran pendidikan ini bisa mengandung dua pengertian yaitu output dan outcome. Berkenaan dengan keluaran pendidikan ini maka kita cenderung harus membedakan antara pengertian output dengan outcome, agar kita tidak terjebak dan salah dalam memahaminya.
Yang dimaksud dengan output menurut Lauren Kaluge (2000) adalah hasil langsung dan segera dari pendidikan sedangkan outcome adalah efek jangka panjang dari proses pendidikan misalnya penerimaan di pendidikan lebih lanjut, prestasi dan pelatihan berikutnya, kesempatan kerja, penghasilan serta prestise lebih lanjut.
Margaret C, Martha Taylor dan Michael Hendricks (2002) sepakat membedakan antara output dan outcome sebagai berikut, outcome suatu program adalah respon partisipan terhadap pelayanan yang diberikan dalam suatu program. Sedangkan output program adalah jumlah atau units pelayanan yang diberikan atau jumlah orang-orang yang telah dilayani. Sementara itu NEA (2000) lebih mempertegas dengan menyebutkan perbedaan antara output dengan outcome yaitu output merupakan hasil dari aktifitas, kegiatan atau pelayanan dari sebuah program. Output diukur dengan menggunakan istilah volume (banyaknya). Sedangkan outcome adalah dampak, manfaat, harapan perubahan dari sebuah kegiatan atau pelayanan suatu program.
Sedangkan pengertian yang lain menyatakan bahwa perbedaan out dengan outcome sama dengan perbedaan adalah apa yang sebenarnya kita sampaikan sebagai output, dengan apa keuntungan bisnis dari output kita, sebagai outcome. Misalnya dalam sebuah program yang memiliki tujuan "untuk meningkatkan layanan pelanggan", outputnya adalah menemukan produk database, sedangkan outcomenya adalah penurunan panggilan ke call center. Secara jelas kita dapat membedakan output dan outcome sebagaimnana dijelaskan pada tabel berikut:
Objective
Output
Outcome
Implement e-commerce
Online shopping facility
Increased revenue
Provide more information to customers online
Content management system
Increase efficiency
Improve customer service
Publish timetables online
Reduce costs for call centre
 

Dalam definisi lain dikatakan bahwa Output adalah hasil yang dicapai dalam jangka pendek, sedangkan outcome adalah hasil yang terjadi setelah pelaksanaan kegiatan jangka pendek. Gambaran lebih jelas yang membedakan antara output dengan outcome adalah apa yang diilustrasikan pada skema berikut:

 
Pada skema di atas output berkenaan dengan dua aspek: (1) apa yang kita produksi/hasilkan, dan (2) siapa orang yang menjadi sasaran kita. Sedangkan outcome lebih mencakup kepada hasil yang harus tercapai dalam jangka pendek, menengah dan jangka panjang dalam berbagai aspek: (1) pembelajaranl, (2) aksi dan (3) kondisi yang diharapkan.
Jika skema tersebut diadaptasikan ke dalam dunia pendidikan, misalnya peda dunia pendidikan tinggi maka akan jelas, misalnya pada prodi pendidikan, maka kita dapat menentukan:
  • Output yang berkaitan dengan produk, adalah melahirkan sarjana-sarjana yang spesifik di bidang pendidikan;
  • Output yang berkaitan dengan siapa yang menjadi sasaran, adalah sekolah-sekolah atau lembaga-lebaga pendidikan yang siap menampung lulusan prodi pendidikan.
Sedangkan jika berbicara tentang outcomenya, maka akan dapat diidentifikasi beberapa aspek sebagai berikut:
  • Outcome yang berkaitan dengan "tujuan jangka pendek" pada aspek pembelajaran, yaitu terciptanya kualitas lulusan yang memiliki karakteristik: (1) kesadaran, (2) pengetahuan, (3) atitud, (4) skill, (5) opini, (6) aspirasi dan (7) motivasi.
  • Outcome yang berkaitan dengan "tujuan jangka menengah" pada aspek kegiatan yang meliputi aspek-aspek: (1) perilaku, praktek, penentu keputusan, kebijakan dan aksi-aksi sosial di bidang pendidikan.
Outcome yang berkaitan dengan "tujuan jangka panjang" pada menekankan pada perubahan kondisi sosial, ekonomi, kependudukan dan lingkungan dalam bidang pendidikan.



 
Enter your email address to get update from Pustaka Mallawa.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

8 comments

Semua berita yang ada di website anda sangat menarik perhatian untuk di simak, salam sehat. . . !! Semoga beritanya dapat bermanfaat! share ya gan, thanks nih!!

Balas

Terimakasih, postingan-nya sangat bagus sekali. Senang sekali berkunjung ke blog anda. saya bantu share ya gan? semoga dapat bermanfaat buat kita semua. Amin :D :D

Balas

Tq., postingannya, semoga bermanfaat

Balas

Baik sekali, bermanfaat bagi saya. Terimakasih.

Balas

Numpang ya min ^^


Cobalah bermain di server baru 1G Poker hanya di kenaripoker . com!
Bonus New Member bervariasi bossku, bossku tinggal pilih saja bonusnya!!!
Proses deposit dan withdraw tidak basa basi langsung tinggal proses dan main saja bosku,
dicoba keberuntungan kamu sekarang juga hanya di kenaripoker . com!

WHATSAPP : +855966139323
BBM : KENARI00
LIVE CHAT : KENARIPOKER . COM
ALTERNATIVE LINK : KENARIPOKER . COM

Balas

EDENPOKER sedang membagikan JACKPOT besar - besaran nihh , Bagi kalian yang ingin JACKPOT nya mari bergabung bersama kami sekarang juga... BONUS NEW MEMBER 10.000 + 5% BONUS LAGIIIII!

Ayo Join Bersama EDENPOKER
- Bonus New Member 10.000 + BONUS 5% LAGI!
- Bonus Refferal 10% (Seumur Hidup)
- Bonus Rollingan 0.3% - 0.5%
REAL PLAYER VS PLAYER !!!
Salam Hoky Dari EDENPOKER. BIZ

Balas

Copyright © 2013. Pustaka Mallawa - All Rights Reserved | Modify by Pustaka Mallawa Powered by Blogger